• Sabtu, 1 Oktober 2022

Ternyata Ratu Elizabeth II Pertama Kali Pakai Land Rover di Australia

- Minggu, 11 September 2022 | 13:37 WIB
Gambar Land Rover Seremonial 1958, kendaraan yang digunakan Ratu Elizabeth II (drive.com.au)
Gambar Land Rover Seremonial 1958, kendaraan yang digunakan Ratu Elizabeth II (drive.com.au)

 

DIATASRODA.COM - Land Rover didirikan British Leyland tahun 1948. Perusahan yang dimiliki oleh Jaguar Land Rover ini telah menghasilkan berbagai produk mobil.

Sebagai salah satu merek perusahaan mobil asal Inggris, Land Rover berduka mendengar kabar meninggalnya Ratu Inggris, Elizabeth II. Kamis 8 Agustus 2022 waktu setempat.

Baca Juga: Bamsoet Luncurkan Buku Bertepatan dengan Hari Ulang Tahunnya di Acara Black Stone Garage

"Meninggalnya Yang Mulia Ratu telah membuat semua orang di Jaguar Land Rover sangat sedih, dan pikiran serta belasungkawa kami bersama Keluarga Kerajaan saat ini". Cuit akun twitter resmi @Land Rover.

Land Rover dan Kerajaan Inggris memang memiliki kedekatan khusus. Banyak model Land Rover dijadikan kendaraan anggota kerajaan termasuk mobil jenazah pangeran Philip yang dibangun di pabrik Land Rover, Solihull pada 2003.

Baca Juga: Black Stone Gerage, Tongkrongan Baru Pehobi Otomotif

Menurut drive.com.auLand Rover Pertama kali dipakai oleh Ratu Inggris, Elizabeth II dalam tur Australia tahun 1963. Land Rover 1958 adalah salah satu dari enam kendaraan identik yang dibangun di Sydney khusus untuk tugas kerajaan.

Namun, Land Rover Seremonial 1958 yang masih asli  sudah menjadi bagian dari Koleksi Sejarah Nasional (Divisi Transportasi dan Penyimpanan) di Museum Nasional Australia.

Baca Juga: CEO Formula 1, Stefano Domenicali Sampaikan Rasa Duka Untuk Mendiang Ratu Inggris, Elizabeth II

Land Rover Seremonial 1958 merupakan salah satu dari enam kendaraan identik yang dibuat di Sydney khusus untuk dinas kerajaan.

Dibuat sebagai kit TKD (Total Knock Down) oleh Pressed Metal Corporation yang berbasis di Sydney, Australian Land Rover mirip dengan mobil yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II pada tur Persemakmuran 1954-nya.

Baca Juga: Direktur Operasi ITDC, Troy Reza Warokka Bangga The Mandalika Jadi Destinasi pilihan Event Shell Eco Marathon

Menurut rincian yang diterbitkan oleh REMLR ( The Registry of Ex-Military Land Rover ), ada delapan mobil yang awalnya dibangun oleh Land Rover untuk tur, dengan satu tersisa untuk digunakan di Inggris, satu dikirim ke Selandia Baru dan enam dibawa ke pasar global. ekspedisi berlayar antara Bermuda pada November 1953 dan Gibraltar pada Mei 1954.

Dibangun di atas sasis Land Rover 86-inci (2184mm), itu sendiri baru untuk tahun 1954, Royal Review Land Rover menggunakan mesin empat silinder 2.0 liter dan semuanya selesai dalam warna merah anggur yang disebut Royal Claret.

Baca Juga: Daimler Empress Mk II Merupakan Kendaraan Pertama Ratu Inggris, Elizabeth II

Pada tahun 1958, Pemerintah Australia menugaskan armada Land Rover seremonialnya sendiri yang akan digunakan untuk kunjungan kerajaan dan pejabat senior di masa depan. Permintaan itu bertepatan dengan kunjungan Ibu Suri yang dijadwalkan akhir tahun itu.

Land Rover memasok komponen dan mobil dirakit di Sydney.

Pressed Metal Corporation ( PMC ) mengoperasikan fasilitas seluas 22 hektar di Enfield, tepat di sebelah barat kota Sydney. Saat itu PMC sedang membangun bus Leyland, van Morris, kendaraan Austin A40, mobil sport MG, dan tentu saja Land Rover.

Baca Juga: Skutik Cuxi Berdesain Retro Klasik Adik Yamaha Fazzio Mampu Penuhi Ekspektasi Konsumen

Ironisnya, untuk perusahaan pembuat kendaraan CKD (Complete Knock Down), pabriknya sendiri dibangun dari bangunan CKD yang dulunya merupakan gantungan pesawat Perang Dunia II.

Enam mobil seremonial dibangun, sekali lagi di Royal Claret, tetapi kali ini menggunakan sasis 88 inci (2235mm), yang mulai berlaku pada model tahun 1956. Yang lebih penting adalah bahwa tahun 1958 adalah tahun terakhir produksi Land Rover Seri I.

Mobil buatan Australia berbeda dari Royal Review Land Rovers 1954 yang asli (selain jarak sumbu roda yang lebih panjang) dengan tidak memiliki panel ambang di bawah pintu, dan menampilkan bumper datar dan bukan miring.

Baca Juga: Skutik Cuxi Berdesain Retro Klasik Adik Yamaha Fazzio Mampu Penuhi Ekspektasi Konsumen

Untuk kunjungan Ratu ke Australia pada tahun 1963, Land Rover Upacara digunakan untuk parade, dan sekali lagi ketika Ratu Elizabeth dan Putri Anne mengunjungi Sydney pada tahun 1970.

Ketika mereka pensiun dari dinas resmi, beberapa mobil diakuisisi oleh Angkatan Darat Australia , dicat ulang dengan warna hijau, dan digunakan untuk tugas-tugas seremonial non-kerajaan. Dua dari mobil ini sekarang dipajang di Army Museum Bandiana di Woodonga.

Baca Juga: Simak Deretan Motor Listrik Termasuk Harga yang DItawarkan , Sebagai Solusi dari Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

Namun, pada tahun 2006, dua mobil Royal Claret asli lainnya dilelang untuk penjualan pribadi melalui Shannons Auctions di Melbourne , dengan harga masing-masing $17.500 dan $21.000.

Nilai mereka mengikuti berita meninggalnya Ratu Elizabeth hari ini, kini tak ternilai harganya.***

Halaman:

Editor: Adjat Sudradjat

Sumber: drive.com.au

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hyundai Venue N Line Siap Jadi Penantang Toyota Raize

Kamis, 29 September 2022 | 16:38 WIB
X