• Sabtu, 1 Oktober 2022

Peringatan Bahaya Buat Toyota Jika Mobil Listrik Otonom Diproduksi Apple

- Jumat, 16 September 2022 | 08:00 WIB
Mobil Apple sudah banyak ditunggu konsumen otomotif. (ist)
Mobil Apple sudah banyak ditunggu konsumen otomotif. (ist)

DIATASRODA.COM – Bisa dibayangkan jika perusahaan gawai terkemuka di Amerika Serikat, Apple memproduksi mobil listrik otonom.

Bila itu terjadi maka konsumen yang ingin membeli mobil akan memilih kendaraan Apple besutan Cupertino itu.

Baca Juga: Supercub C125, Tampilan Baru Honda Bebek Tahun 70an

Perilaku tersebut terungkap dalam studi tahunan besar di Amerika berdasarkan pertanyaan kepada konsumen yang baru saja membeli mobil.

Studi Pengalaman Kendaraan Baru dari Visi Strategis (NVES) adalah sebuah studi yang melakukan riset tersebut.

Baca Juga: Ternyata Harga dan Kredit Cicilan Vespa Sprint 150 Murah

Pertanyaannya meliputi bagaimana perasaan mereka tentang kualitas dari 45 merek lebih kendaraan; apakah mereka akan mempertimbangkan salah satu merek untuk mobil baru mereka berikutnya.

Sebagaimana yang diiberitakan dalam artikel konteks.co.id berjudul Mobil Apple Jadi Ancaman Nyata Bagi Toyota dkk GSM Arena menyebutkan, selama 45 tahun berlangsungnya penelitian, jawaban hasil survei selalu memberikan wawasan tentang industri otomotif dan loyalitas pelanggan terhadap merek.

Baca Juga: Ford Mustang Terbaru Generasi 7 Diungkap Pekan Depan

Untuk pertama kalinya, NVES 2022 memasukkan kendaraan bermerek Apple ke dalam lembaran kuesioner. Hasilnya, mengirimkan peringatan kepada merek otomotif konvensional seperti Toyota dkk.

Meskipun mobil Apple tidak tersedia atau bahkan kapan tanggal peluncurannya, sebanyak 26% pelanggan akan “Pasti Mempertimbangkan” mobil Apple sebagai kendaraan mereka berikutnya.

Baca Juga: Honda EX5, Motor Mirip Astrea Grand Tampil Keren dengan Sejuta Kenangan

Hasil itu menempatkan Apple di posisi ketiga di belakang Toyota dan Honda dalam hal mobil yang paling diminati. Merek Apple ditempatkan jauh di depan Ford dan Tesla. Hasil yang lebih menarik terungkap ketika orang ditanya tentang loyalitas merek.

Di sinilah pemilik mobil baru ditanya seberapa besar kemungkinan mereka mengubah merek untuk pembelian berikutnya. Sebanyak 50% pemilik Tesla baru menyatakan bahwa mereka akan “Pasti Mempertimbangkan” mobil Apple di masa depan daripada kendaraan yang mereka saat ini.

Baca Juga: CEO Formula 1, Stefano Domenicali Sampaikan Rasa Duka Untuk Mendiang Ratu Inggris, Elizabeth II

Mobil Apple telah mengumpulkan skor tertinggi dalam hal pertimbangan pembelian di masa mendatang -26% responden akan “Pasti Mempertimbangkan” dan 24% mengklaim mereka “Menyukai Kesan Kualitas” dari mobil Apple yang belum diumumkan.

Sepertinya Apple butuh waktu lama untuk mempertimbangkan memasuki pasar otomotif, meskipun itu sebenarnya tidak terlalu lama. Pertimbangannya, 16 tahun lalu Steve Jobs meluncurkan iPhone pertama, sebuah produk yang tidak hanya merevolusi elektronik konsumen tetapi juga mengubah perusahaan.***
(Konteks.co.id/Iqbal Marsya)

Editor: Adjat Sudradjat

Sumber: Konteks.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hyundai Venue N Line Siap Jadi Penantang Toyota Raize

Kamis, 29 September 2022 | 16:38 WIB
X