• Sabtu, 3 Desember 2022

Kisah Luar Biasa Bangkit dan Jatuhnya Mesin yang Membuat Dunia Modern? Wajib Tahu!

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 07:05 WIB
BUKU OTOMOTIF Mobil: Bangkit dan Jatuhnya Mesin yang Membuat Dunia Modern (Amazon)
BUKU OTOMOTIF Mobil: Bangkit dan Jatuhnya Mesin yang Membuat Dunia Modern (Amazon)

DIATASRODA.COM - Sangat menarik membaca buku THE CAR: The Rise and Fall of the Machine That Made the Modern World yang ditulis oleh Bryan Appleyard ini.

Melalui buku bergenre otomotif yang jika dialih bahasakan memiliki judul 'Mobil: Bangkit dan Jatuhnya Mesin yang Membuat Dunia Modern' ini Bryan Appleyard mengisahkan tentang situasi London pada abad ke-19 yang saat itu penuh dengan kuda.

Baca Juga: Kawasaki Indonesia luncurkan New Ninja ZX25R 2023, SEMUA MINGGIR

Kuda, menjadi pemenuhan transportasi London saat itu, dimana ada 50.000 kuda yang hilir mudik menarik kereta. Setiap harinya, kuda-kuda tersebut menghasilkan 500 ton kotoran busuk. Belum lagi banyak sekali kecelakaan terjadi akibat kegagalan mekanis dari kereta dan kuda yang ketakutan saat sedang menarik kereta.

Di kota berbeda, yaitu New York, dikisahkan dalam buku tersebut ada 130.000 kuda dan pada tahun 1930 jalan-jalan di kota New York menghasilkan kotoran kuda yang jika ditumpuk akan sama tingginya dengan sebuah gedung berlantai tiga.

Baca Juga: Tips Merawat Mobil Sendiri, Hemat dan Mudah

Ketika ada masalah maka manusia otomatis akan mencari solusi. Jawaban atas permasalahan banyaknya kuda yang dipekerjakan di era industri yang sedang berkembang adalah dengan mengembangkan kendaraan bermotor. Kendaraan yang didukung oleh mesin pembakaran internal.

Bryan Appleyard juga menulis tentang bagaimana penyaluran teknologi itu berproses. Ia berkisah tentang perdebatan siapa yang sebenarnya menemukan mobil terbuka, pembicaraan dengan insinyur Jerman Karl Benz, dan penemu Austria Siegfried Marcus.

Baca Juga: Miliki Mobil Pertama dari Hasil Kontes Dangdut, Lesti Kejora Viral Atas Laporan KDRT Ke Polisi

Pada awal abad ke-20, mobil digunakan untuk balap dan hiburan lainnya oleh orang-orang kaya. Perjalanan yang tadinya menggunakan kereta kuda mewah berlapis kain beludru dan kabin marquetry berubah menjadi perjalanan dengan mobil yang cepat sebagai sebuah kebebasan baru yang memabukkan. Pada saat itu, hanya orang-orang kayalah yang mampu membawa mereka berkelana jauh dari rumah, dan orang-orang yang kurang mampu menjadi sangat terbatasi.

Halaman:

Editor: Raka Rizky

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ducati Riilis Jam Tangan Berkelas di Indonesia

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 16:01 WIB

6 Keunggulan iPhone 13 yang Wajib Anda Tahu

Selasa, 18 Oktober 2022 | 19:48 WIB

New Vespa 98 , Skuter Matic Klasik Bertenaga Listrik

Senin, 17 Oktober 2022 | 09:30 WIB
X