• Sabtu, 3 Desember 2022

Masih Sering Salah Arti dan Penggunaan, Ini Perbedaan Arti Alat Transportasi dan Otomotif

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 18:00 WIB
Manusia membutuhkan alat transportasi untuk aktivitasnya
Manusia membutuhkan alat transportasi untuk aktivitasnya

DIATASRODA.COM - Masih sering salah paham dengan perbedaan alat transportasi dan otomotif? Ini dia penjelasannya.

Transportasi adalah kata kerja yang menjelaskan tentang kegiatan memindahkan sebuah obyek dari satu tempat ke tempat yang lain. Sehingga alat transportasi adalah alat yang membuat proses perpindahan itu terjadi.

Baca Juga: Kisah Luar Biasa Bangkit dan Jatuhnya Mesin yang Membuat Dunia Modern? Wajib Tahu!

Alat transportasi tentunya tidak terlepas dari kehidupan manusia sehari-hari sejak dahulu kala. Dengan berbagai alat transportasi kita dapat lebih mudah memindahkan barang atau mengangkut orang, dan tanpanya akitivitas manusia dapat terhambat. Pemborosan waktu dan biaya yang dikeluarkan menjadi tanggungan manusia jika tidak ada alat transportasi.

Alat transportasi dan otomotif adalah dua hal yang berbeda, tetapi saling termasuk kedalamnya. Otomotif berasal dari 2 kata yaitu 'oto' yang berarti 'sendiri' dan 'motif' yang berarti 'alasan'. Otomotif adalah alat transportasi modern karena telah menggunakan motor (mesin) dan bahan bakar sebagai penggeraknya, tidak lagi menggunakan tenaga manusia atau hewan sehingga dapat berputar dan bergerak sendiri. Contohnya, pesawat, motor, mobil, truk, bus, kereta, kapal, dan lain-lain. Bidang otomotif yang membahas tentang kendaraan roda empat disebut Automobile atau otomotif mobil.

Baca Juga: Tips Merawat Mobil Sendiri, Hemat dan Mudah

Contoh alat transportasi tradisional yang menggunakan tenaga hewan adalah delman, dan contoh alat transportasi yang menggunakan tenaga manusia adalah becak, sepada, dan gerobak.

Seiring perkembangan jaman, alat transportasi modern menjadi alat yang paling efisien bagi manusia. Alat transportasi tradisional menjadi tergerus karena hanya digunakan diberbagai lokasi terpencil atau di pedesaan. Hal inilah yang membuat manusia kemudian 'mengira' otomotif dan alat transportasi adalah dua hal yang sama. 

Baca Juga: Kawasaki Ninja ZX 25R Menggila Bikin Honda CBR250RR Meradang

Yuk, mengingat apa saja alat transportasi tradisional yang pernah dan masih ada di Indonesia.

Halaman:

Editor: Raka Rizky

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ducati Riilis Jam Tangan Berkelas di Indonesia

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 16:01 WIB

6 Keunggulan iPhone 13 yang Wajib Anda Tahu

Selasa, 18 Oktober 2022 | 19:48 WIB

New Vespa 98 , Skuter Matic Klasik Bertenaga Listrik

Senin, 17 Oktober 2022 | 09:30 WIB
X